Latest News

Saturday 12 July 2014

SUKACITA DALAM FIRMAN




 
SUKACITA DALAM FIRMAN

Ku suka menuturkan cerita mulia:
Setiap kuulangi bertambah manisnya.
Ku suka menuturkan sabda-Nya yang besar
Dan yang belum percaya supaya mendengar          

“Kusuka menuturkan cerita mulia,” demikian kita melagukan Kidung Jemaat 427. Lagu yang bertutur tentang keindahan cerita-cerita tentang Dia yang memberi hidup. Dengan bercerita, kisah-kisah kebijaksanaan akan semakin berlanjut dan melahirkan cerita yang juga memberi hidup bagi orang lain.

5Musa menulis bahwa orang yang berbaik dengan Allah berdasarkan hukum agama, orang itu akan hidup karena taat kepada hukum agama itu. 6Tetapi mengenai cara orang berbaik dengan Allah berdasarkan percaya kepada Allah, Alkitab mengatakan begini, “Tidak usahlah engkau berkata di dalam hatimu, ‘Siapakah yang akan naik ke surga?’ (artinya membawa Kristus turun). 7atau, ‘Siapakah yang akan turun ke dunia orang mati?’ (artinya mengangkat Kristus naik dari kematian).” 8Maksudnya adalah begini, “Berita dari Allah itu dekat sekali padamu; pada mulutmu dan dalam hatimu.” Itulah berita yang kami siarkan; berita bahwa orang harus percaya. 9Sebab kalau Saudara mengaku dengan mulutmu bahwa “Yesus itu Tuhan”, dan Saudara percaya dalam hatimu bahwa Allah sudah menghidupkan Yesus dari kematian, maka Saudara akan selamat. 10Karena dengan hatinya orang percaya, sehingga Allah menerima dia sebagai orang yang berbaik dengan Allah. Dan dengan mulutnya orang mengaku, sehingga ia diselamatkan. 11Di dalam Alkitab tertulis, “Orang yang percaya tidak akan dikecewakan.” 12Itu berlaku terhadap semua orang, sebab tidak ada bedanya antara orang Yahudi dengan orang-orang bangsa lain. Allah yang satu itu adalah Tuhan untuk semua orang. Ia memberikan berkat yang berlimpah-limpah kepada semua orang yang meminta tolong kepada-Nya. 13Dalam Alkitab tertulis, “Semua orang yang berseru kepada Tuhan, akan selamat.”
14Tetapi bagaimanakah orang dapat berseru kepada Tuhan kalau mereka belum percaya? Dan bagaimanakah mereka dapat percaya kepada Tuhan kalau mereka belum mendengar tentang Dia? Juga, bagaimanakah mereka dapat mendengar tentang tuhan, kalau tidak ada yang memberitakan? 15Dan bagaimanakah orang dapat membawa berita itu kalau mereka tidak diutus? Di dalam Alkitab tertulis begini, “Alangkah baiknya kedatangan orang-orang yang membawa Kabar Baik dari Allah!” 16Tetapi tidak semua orang menerima Kabar Baik itu. Sebab Yesaya berkata, “Tuhan, siapakah yang percaya pada berita kami?” 17Itu sebabnya orang-orang menjadi percaya karena mereka mendengar berita, dan berita didengar karena ada orang yang memberitakan tentang Kristus.
(Roma 10:5-17, BIMK)

Renungan:
1.      Apa yang dikatakan nats di atas mengenai “percaya”, “mengaku”, “mendengar” dan “memberitakan” Kabar Baik ?
2.      Menurut Anda, bagaimana sebaiknya “mengaku Yesus sebagai Tuhan” dilakukan dalam situasi dan kondisi masyarakat kita yang majemuk?
3.      Selain “memberitakan Kabar Baik” secara lisan seperti disebutkan dalam nats di atas, hal-hal apa yang dapat kita lakukan dengan tujuan yang sama?


Source:  Alkitab dan Umat Allah,LBI,Jakarta 2003


No comments:

Post a Comment